15 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi di Medan dan Sekitarnya, Sumatera Utara


Hello Wolrd!

Kalau berbicara Medan tiada habisnya, selain keragaman budayanya juga memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi. Medan yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara memiliki beragam kekayaan, salah satu yang menarik perhatian ialah wisata alamnya.

Buat Para Bacpacker yang ingin travelling ke Medan, beberapa destinasi menarik yang bisa  direkomendasikan untuk dikunjungi sewaktu berada di Medan dan disekitar Medan Sumatera Utara yang bisa ditempuh dalam sehari.

Coba kalau berbicara pariwisata di Sumatera Utara pasti orang akan menebak “Danau Toba”! Yah Danau Toba yang merupakan Danau terluas di Indonesia memang sangat terkenal hingga Internasional, eits tapi tunggu dulu di Medan dan sekitarnya juga terdapat tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi loh!

Check it out!

Backpacker Indonesia merangkum 15 Tempat Menarik Yang Wajib di kunjungi di Medan, Sumatera Utara

1. Istana Maimun

 Istana Maimun sangat terkenal karena merupakan peninggalan Kerajaan Deli, sebuah istana yang berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan sangat mudah untuk dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.

Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah. Untuk menambah wawasan tentang Kerajaan Deli dan menikmati nuansa tempo dulu, Istana Maimun bisa jadi referensi untuk travelling dan menikmati hari libur di Medan cukupmembayar Rp5.000 saja maka bisa masuk ke dalam Istana Maimun. Wisata yang murah bukan?

Istana Maimun

Istana Maimun

2.       Masjid Raya Medan

Kalau ke Medan jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Raya Medan yang merupakan icon Medan. Masjid Raya Medan merupakan masjid yang megah dan besar yang merupakan rumah ibadah umat Islam. Nama lain dari Masjid Raya Medan ialah Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebanyak lima buah dengan warna putih dengan kubah berwarna hiyam dan membawa kesan yang menakjubkan. Tempat ini sangat mudah dijangkau, masjid raya medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Medan. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

3.       Danau Linting

Salah satu Danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Medan ialah Danau Linting yang meiliki warna hijau dan biru ayng disekelilingnya terdapat batu cadas. Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor. Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona! Aku paling suka dengan suasana Danau Linting dengan udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing di hari libur!

Danau Linting Medan

Danau Linting Medan

4.       Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Air terjun Sipiso-piso Tongging yang mistis  berada sekitar 135 km dari Brasatagi. Air terjun Sipiso-piso Tongging memiliki ketinggian 120 meter dan dekat dengan Gunung Sipiso-piso . Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun Sipiso-piso Tongging yang indah. Bersiap-siap olah raga jika ingin pergi ke dasar air terjun Sipiso-piso Tongging karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah melalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki disepanjang tebing yang curam. Benar-benar merasakan sensasi adventure jika melewati jalan setapak yang berliku dari Air terjun Sipio-piso. Air terjun Sipiso-piso Tongging sangat indah karena pemadangan luar biasa indah dari Danau Toba yang bisa dilihat di tengah bukit Sipiso-piso Tongging yang disekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan berpadu dengan biru Danau yang disekelilingnya lembah yang menakjubkan. Aku sangat rekomendasi untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso karena keindahan air terjun dengan Danau Toba sehingga aku tak salah menyebutnya sebagai salah satu pariwisata yang wajib dikunjungi di daerah Sumatera Utara.

Air Terjun Tongging

Air Terjun Tongging

5.       Sibayak dan Gunung Sinabung

Kalau yang satu ini ialah destinasi pegunungan yang ada di sekitar Medan tepatnya di daerah Brastagi sekitar 2 jam dari Medan dengan bus. Sibayak merupakan Gunung Merapi yang disebut juga dengan Gunung Raja. Disekitar Gunung Sibayak bisa melihat perkampungan penduduk. Selain itu ada juga Gunung Sinabung yang terletak di Kabanjahe yang merupakan gunung merapi aktif yang meletus di akhir tahun 2013 silam. Aku paling suka dengan suasana Brastagi yang dingin mirip Bandung dan mirip juga seperti Bogor, dingin dan sejuk dengan pemandangan indah Kota Medan dari Gundaling. Untuk daerah Kabanjahe kurang lebih 30 menit hingga 1 jam dari Brastagi terkenal dengan kebun jeruknya.

Sibayak

Sibayak

6. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Pernah lihat kolam yang semuanya berisi buaya? iiih, ngeri bukan? Sebuah kolam dengan buaya dapat dilihat di Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan yang berisi buaya-buaya rawa. Taman Buaya Asam Kumbang merupakan salah satu tempat yang harus dicoba dikunjungi jika sedang di Medan karena di taman buaya kita bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang umur buayanya variatif hingga umur 78 tahun.. tuanya!! Hehehe :D… Lokasi Taman Buaya Asam Kumbang di Sunggal Medan dan sangat mudah untuk ditemukan karena banyak trasnportasi umum  serta biaya masuk taman buaya sunggla cukup membayar Rp5.000.

Pengkaran Buaya Asam Kumbang  Medan

Pengkaran Buaya Asam Kumbang Medan

7.       Rahmad Gallery

Pernah melihat hewan yang di awetkan dengan koleksi hewan dari berbagai mancanegara? Yup itu bisa dilihat di Rahmat Galleri Medan, sebuah museum pengawetan hewan yang terkenal dengan “wild museum”. Ketika aku dan sahabatku Evlina kesini sangat kaget melihat hewan-hewan yang diawetkan dan ditata dengan sebaik mungkin sehingga menambah wawasan tentang dunia satwa. Hewan-hewan ini bukan sengaja dibunuh yah tapi hewan yang sudah mati lalu diawetkan! Kamu akan takjub dengan isi dari museum yang lengkap banget. Bayangin aja di Museum Rahmat terdapat koleksi hewan sebanyak 1000 jenis spesies. Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk Rahmat Galleri sebesar Rp25.000 untuk dewasa.

Rahmad Gallery Medan

Rahmad Gallery Medan

8.       Kampung Keling/Kampung Madras Medan

Kampung Keling atau sekarang yang disebut dengan Kampong Madras ialah nama sebuah tempat yanga da di Medan yang memiliki penduduk India yang besar. Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan. Kampung Keling bisa juga disebut Litte India nya Medan. Kalau yang doyan India boleh deh datang ke Kampung Keling maka hidung mancung akan bertaburan di sekitar Kampung Keling :)

Kampung Madras Medan

Kampung Madras Medan

9.       Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Sibolangit yang berjarak 2 jam dari Medan dengan motor atau bus merupakan tempat pegunungan yang sejuk dan penuh dengan tempat wisata yang menarik dan cocok untuk travellers penyuka alam. Salah satunya ialah Air Terjun Telaga Dwi Warna yang berada di dalam hutan Sibolangit. Disebut Dwi warna karena air terjun terdiri dari dua buah yang mempunyai dua warna yang berbeda. Yang satu air terjunnya dengan warna air berwarna biru yang arinya dingin dan satunya lagi tak jauh dari air terjun dingin terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih. Untuk sampai ke Telaga Dwi warna butuh 3 jam perjalanan dengan kaki menjelajah hutan dari taman wisata Sibolangit. Jadi di lokasi ini terdapat dua air terjun yang berdekatan sehingga disebut telaga dwi warna. Siap-siap untuk perjalanan panjang ketika ingin ke Telaga Dwi Warna karena harus melewati hutan selama 3 jam dengan kaki melewati Gunung berbukit dan jalana yang curam melewati hutan namun ketika sampai di Air terjun Dwi Warna maka mata akan takjub dengan keindahan air terjun yang biru sehingga secara otomatis rasa capek hilang seketika.Pariwisata yang masih tersembunyi dan jika ingin kesini sebaiknya menyewa tour guide/ranger hutan agar tidak tersesat di hutan. Tempat ini cocok untuk camping.

Telaga Dwi Warna Brastagi

Telaga Dwi Warna Brastagi

10.Bukit Lawang

Untuk wisata alam, cobalah Bukit Lawang yang berada di lokasi Taman Leuser yang terkenal dengan orang utan. Kita bisa melihat orang hutan di Bukit Lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar untuk feedings monkeys. Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mecoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak Bukit Lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai. Disekitar Taman Lauser ada Sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasa hutan dan pedesaan.

11.   Tangkahan

Tangkahan ialah salah satu tempat  wisata yang bisa untuk referensi jalan-jalan di Medan yang terkenal dengan Gajah Sumatera. Wisata Tangkahanberupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun atau sekedar mandi di Sungai dengan pemandangan indah pegunungan. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia. Aku paling suka dengan Gajah-gajah jinak di Tangkahan.

Gajah di Tangkahan

Gajah di Tangkahan

12.   Tjong Afie

Merupakan rumah tua yang merupakan peninggalan Tjong Afie  dengan desain perpaduan Tionghoa Melayu dan Eropa. Disini kita bisa menikmati sejarah kehidupan, mempelajari budaya perpaduan Melayu dan Tioghoa serta peningalan yang bersejarah baik itu lukisan, maupun perabotan rumah tangga keluarga Tjong Afie. Lokasi Tjong Afie  di Jl. Ahmad Yani Kesawan Medan dan mudah untuk ditemukan, tak jauh dari Merdeka Walk. Sayangnya biaya masuk agak mahal sehingga aku tidak pernah masuk ke dalam cuma numpang photo di depan Gerbang. Konon katanya Tjong Afie itu angker tapi tidak tahu benar atau tidaknya.

Tjong Afie Medan

Tjong Afie Medan

13.   Danau Lau Kawar

Salah satu Danau mistis dan misterius lainnya yang tak jauh dari Medan ialah Danau Lau Kawar yang berlokasi di Brastagi. Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung dan butuh 3 jam perjalanan dari Medan. Sangat cocok untuk camping dan disekelingnya terdapat pedesaan yang menakjubkan. Namun jangan coba-coba mandi karena dilarang mandi di Danau ini, konon katanya yang mandi di danau Law Kawar akan menghilang. Aku kesini karena teman-teman satu kampus menculik dengan sengaja kesini hahaha :D

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

14.   Salju Panas Tinggi Raja

Salju panas? Aneh bukan? Tapi fenomena alami ini nyata loh! Salju Panas Tinggi Raja berlokasi di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun sebuah objek wisata yang masih tersembunyi karena jalannya yang jelek dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Perjalanan ke Salju Panas dari Medan sekitar 3 jam. Salju panas ini adalah Pamukkalenya Indonesia, sebuah pegunungan sulfur dengan sulfur berwarna putih dan yang satunya lagi berwarna hijau dengan air panas berwarna biru yang disekelilingnya terdapat  sungai. Bukit kapur yang indah dan menawan. Salju panas tinggi raja wajib di kunjungi oleh traveler mania :)

15.   Mickey Holiday dan Hillpark

Kalau Mickey Holiday dan Hillpark juga merupakan tempat untuk rekreasi sama seperti Dufan Jakarta tapi dalam versi Sumut heheheh :D.. Keduanya berada di Brastagi dan merupakan tempat untuk meningkatkan adrenalin, liburan serta untuk having fun!

Nah dari ke 15 wisata Medan diatas, apalah anda sudah pergi ke salah satunya objek wisata Sumatera Utara?

Oh ya pembaca

mohon dibantu vote  saya ya dengan mengklik http://www.bigblogexchange.org/profile/2014/5714772351778816

 

Salam

Weeny Traveller