Menyusuri Wisata Sejarah Ende “Jejak Soekarno”


Hello World!!!

Monumen Ende

Monumen Ende

Ende salah satu kota yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan wisata alamnya, ternyata wisata sejarahnya tidak kalah menarik loh!! Salah satunya ialah Situs Soekarno yang berada di Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Bagi traveller maupun blogger dan backpacker Indonesia yang suka jalan-jalan dan menjelajah keeksotisan daerah Timur pasti tidak asing dengan “Situs Soekarno”. Situs Soekarno berupa Taman Bung Karno dan Rumah pengasingan Bung Karno. Lokasi peninggalan Soekarno tersebut berada di Kota Ende dan bisa di telusuri dalam satu hari.

Sama halnya dengan kami yang ingin menyusuri wisata Ende, pilihan yang membuat kami penasaran yaitu Jejak Soekarno di Ende. Aku, Ade, Andi, Ari, Bobi, Pak Yudi dan Yayat diantar oleh Supir menuju tempat pengasingan Soekarno di Ende. Presiden Pertama Indonesia, Ir.Soekarno memang pernah di asingkan di Ende pada tahun 1934-1938 pada masa penjajah. Sayangnya kami tidak bisa masuk karena rumah pengasingan Soekarno dalam tahap renovasi. Akhirnya kami hanya bisa mengintip dari luar pagar.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Rumah pengasingan Soekarno yang kami lihat dari luar sangat sederhana sekali. Suasana peninggalan sejarah bukti jejak Soekarno di Ende terlihat begitu sunyi dan sepi. Mungkin karena tidak ada penghuninya. Pak Supir yang merupakan tour guide local kami pun mulai menjelaskan apa saja yang ada di dalam rumah pengasingangan Soekarno. Di dalam Situs Soekarno terdapat  foto-foto Bung Karno, biola, dan dua tongkat kayu dan beberapa naskah tonil yang dibuat oleh Bung Karno yang disusun apik di dalam lemari.

Dari pernjelasan Guide Flores, kami hanya bisa berimajinasi karena dari luar kami hanya melihat sebuah rumah kecil dan disampingnya terdapat pohon dengan rumput hijau yang mengelilingi rumah pengasingan tersebut ditambah dengan papan bertuliskan ” Situs bekas rumah pengasingan Bung Karno di Ende”.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Situs bekas rumah pengasingan Bung Karno di Ende

Kami yang asyik berimajinasi tentang isi dari peninggalan Bung Karno di rumah pengasingan Ende, Pak Tour guide dengan semangat menjelaskan bahwa di dalam rumah tersebut terdapat sebuah sumur yang konon apabila di minum maka akan awet muda (Percaya gk percaya yah!!). Dan pada waktu tengah malam sering terdengar langkah kaki di dalam Rumah pengasingan tersebut,,, iiiiii seram dah!!!

Setelah puas dengan Situs Soekarno, kami pun melanjutkan perjalanan kami untuk mengelilingi Ende dalam sehari. Tujuan berikutnya ialah Taman Bung Karno yang juga berada di Kota Ende. Hal yang menarik di taman Bung Karno ialah pohon sukun di depan patung Soekarno. Jumlah daun dari Pohon sukun di taman Bung Karno tidak pernah bertambah dan berkurang, jumlahnya selalu sama.

Patung Soekarno di Ende

Patung Soekarno di Taman Bung Karno Ende

Masyarakat local percaya akan mitos bahwa Pohon tersebut istimewa dan Taman Bung Karno memang merupakan tempat favorit Soekarno di Ende untuk merenungkan dan mencari inspirasi tentang Pancasila. Lokasi Taman Bung Karno tidak jauh dari pelabuhan Ende dan dekat dengan pantai. Kondisi taman Bung Karno sendiri sangat adem terdapat pusat taman dan terdapat beberapa pohon seperti mahoni dan asam Jawa.

Kamipun memeriksa dan memandangi pohon sukun di depan Patung Soekarno sambil menikmati keindahan situs sejarah Ende. Flores memang pulau yang penuh dengan kejutan!!

Jadi bagi backapcker dan blogger indonesia, situs Soekarno harus jadi salah satu destinasti jalan-jalan kamu jika berada di Pulau Flores.

-Salam Blogger dan Backpacker Indonesia-

Winny Alna