Mengenal Wisata Jakarta, Pulau Onrust, Cipir dan Kelor


Hello World Hello Universe

“The world is a book and those who do not travel read only one page- Agustine of Hippo” 

Indonesia consist with thousand islands and every island is wonderfull. One of fascinating island near Jakarta is Pulau Seribu (Thousand Islands Marine National Park) or also called as thousand islands. Like the name, Pulau seribu consist with thousand islands, three of them are Kelor, Onrust and Cipir. Onrus, Kelor and Cipir have hystorical archeology. You will be surprised seeing cannon from 17th century, old funeral,  some ruins from the Dutch colonial era, old quarantine station for the hajj pilgrim,  a circular tower-like structure and many more.

Kelor Beach

Pernah dengar tidak Pulau Kelor, Pulau Onrust atau Pulau Cipir? Ketiga Pulau merupakan bagian dari Gugus Kepulauan Seribu. Tapi berbeda dengan Pulau lain yang ada di Pulau Seribu karena ketiga Pulau tersebut memiliki sejuta peninggalan sejarah. Kalau membayangkan Pulau pasti kita berpikir ada air laut, perumahan atau pasir putih. Nah di Pulau Kelor terdapat Benteng Monterrlo yang usianya sudah berabad tahun lamanya. Untuk menjelajah ketiga Pulau Kelor, Cipir dan Onrust memang bisa dilakukan satu hari saja dan biayanya murah dan cocok dikantong (travelling murah bukan? Saat aku mengunjungi wisata andalan Jakarta, Pulau Seribu khususnya Pulau Cipir, Kelor dan Onrust aku ternganga karena cengang, Why? because i felt i was back to the years before century!! Peninggalan VOC masih ada yang sebagai bukti sejarah dan memang Pulau Onrust, Cipir dan Kelor merupakan Taman Wisata Arkeolog.

Pulau Kelor

 kelor island

Mortello tower

Pulau Kelor begitu indah, karena terdapat benteng yang dibangun oleh VOC di abad 17 an menghadapi Portugis. Benteng Mortello namanya, berdiri kokoh di Pulau Kelor, dari kejauhan kelihatan begitu indah. Dai batu batanya yang berwarna merah dengan ukuran kecil yang menujukkan usianya yang telah berabad-abad. Reruntuhan yang memiliki nilai sejarah, dengan pepohonan serta pasir putih yang indah. Masuk ke dalam benteng terdapat pohon yang tumbuh di dinding benteng.

Terdapat gazebo juga di Pulau Kelor untuk beristirahat. Pulau Kelor konon dulu terhubung dengan Pulau Cipir dan Onrust serta dulunya terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

Memasuki Pulau Kelor, ternyata tidak hanya wisatawan local yang datang, bule-bule saja sudah menikmati snorkeling di Pulau Kelor.

Pulau Kelor

Pulau Kelor

Puas  keliling dan meninggalkan jejak petualang ke Pulau Kelor maka aku dan tim melanjutkan ke Pulau Onrust.

Pulau Onrust

Pulau Onrust

Pulau Onrust

Pulau Onrust tak kalah menarik dengan sejuta peninggalan sejarah. Pulau inilah kawan, asal muasal penjajahan di Indonesia di mulai saat armada tentara VOC tahun 1619 datang pertama kali ke Indonesia dengan menaklukkan Jakarta. Wisata yang dapat dinikmati di Pulau Onrust ialah meriam yang umurnya 1700 tahun, tua bukan?

Dulu juga Pulau Onrust merupakan tempat transit jemaah haji sebelum ada pesawat terbang. Zaman nenek-nekek kita yang ingin naik haji akan dikumpulkan di Pulau Onrust sebelum ke Mekkah di tahun 1911. Bahkan di Pulau Onrust saat ini,  kita bisa menyaksikan dan melihat langsung sisa reruntuhan haji yang umurnya sudah tua dari umur kita :D

Pulau Onrust meiliki pepohonan yang rimbun dengan makam keramat baik dari makam Belanda maupun makan pemimpin pemberontakan DI/TII yaitu Kartosoewirjo. Cocok dah makan ini jadi shooting UKA-UKA atau lokasi yang tepat buat shooting film horror dekat Jakarta.

Onrust, Kelor, Cipir Island

Makam keramat di Pulau onrust

Banyak pengetahuan baru yang bsia di dapat di Pulau Onrust serta melihat langsung sisa sejarah. Selain makam, fresh water masih ada di Pulau Onrust yang usianya berabad juga serta pohon dengan getah yang unik.

Dan bagi pecinta photo, Pulau Onrust cocok sekali buat hunting photo dengan backround pepohonan yang rindang plus sisa peninggalan sejarah.

Menarik bukan Pulau Onrust? Puas dengan Pulau Onrust kami melanjutkan ke Pulau Cipir yang juga menyediakan sejuta pesona sejarah dengan wisata arekelog yang menarik.

Pulau Cipir

Pulau Cipir disebut dengan Pulau Kahyangan yang juga memiliki reruntuhan sejarah seperti sisa kamar jemaah haji. Pulau Cipir masih tersisa puing-puing yang menghubungkan Pulau Cipir ke Pulau Onrust dan Pulau Cipir, karena dahulu ketiga Pulau ini sambung-menyambung.

Bagi yang berminat boleh membuka Open Trip Ke Pulau Onrust, Kelor dan Cipir 1 hari Rp150.000 di http://winnyalna.com/2013/09/12/open-trip-kelor-cipir-and-onrust-island-1-day-trip-only-rp-150-000person/

Salam Blogger dan Traveller Indonesia

-Winny Alna-

About these ads